Kata Mereka, Pikirkanlah.

Provided by the web design Internet guide.

Monday, May 4, 2009

Apa Itu Ekologi?

Mungkin anda sering mendengar kata "EKOLOGI"? Tahukah anda apa pengertian maksud dari ekologi itu sendiri?


AWAL MULA
Kata ekologi diciptakan oleh seorang naturalis bernama Ernst Haeckel pada tahun 1866. Dia menciptakan kata itu dengan cara menggabungkan oikos (bahasa yunani --> rumah atau rumah tangga) dengan logos (bahasa yunani --> untuk menyebutkan bidang ilmu apa saja). Secara harfiah, ekologi berarti ilmu yang mempelajari rumah.

Sepintas kata ini tidak ada kaitannya dengan alam. Akan tetapi, konsep oikos Haeckel sangatlah terkait dengan ketertarikannya akan makhluk hidup. Selama pertengahan abad 19, tumbuhan dan hewan kerap kali diteliti secara terpisah tanpa memperhatikan keterkaitan mereka dengan lingkungan sekitarnya. Cabang biologi Haeckel sangatlah berbeda, ekologi mempelajari cara makhluk-makhluk itu berinteraksi dengan lingkungan fisik atau "rumah tangga" dan dengan spesies-spesies lain disekitar mereka.

Pada awal kemunculannya, ekologi jarang menjadi berita utama, tidak seperti halnya ahli kimia atau ahli fisika. Para ahli ekologi bekerja dengan hal-hal yang sulit diukur dan banyak kesimpulan mereka yang sulit untuk dipastikan kebenarannya.

Akan tetapi, meskipun ada kesulitan-kesulitan itu, penelitian ekologi perlahan-perlahan memicu perubahan cara berpikir dalam biologi. Ekologi menunjukkan bahwa makhluk hidup terhubung dalam berbagai cara yang samar dan tidak terduga, dan bahwa gangguan apa pun terhadap hubungan-hubungan itu dapat mendatangkan akibat-akibat yang besar dan sering kali merusak.

Pada paruh kedua abad 20, perubahan teknologi dan populasi manusia yang bertambah cepat telah merusak sistem-sistem alamiah pada tingkatan yang tidak pernah terjadi sebelumnya. Sebagai akibatnya, minat pada ekologi semakin meroket, setelah bertahun-tahun diliputi bayang-bayang, ekologi telah menjadi bagian kunci ilmu hayati.

0 komentar:


Free Blogger Templates by Isnaini Dot Com and Archithings. Powered by Blogger